Tips Untuk Memilih Web Hosting Terbaik

Looking for web hosting are easy. But, Finding a good web hosting is not easy. Many web hosting offers a variety of ways that can trap the consumers.

Before deciding to buy a web hosting is that some point consider the following to web hosting choice.

It is the basic marketing principles to show and hide the lack of excess. Try to check you more carefully package offered. Because of space, there are several other facilities that you need to looks like:

Price
Price is the most common benchmark used as the tenant webhosting service, cheap prices to rent the more it will be more and more people interested, but need to be aware that not all rental services webhosting cheap will provide the maximum. So the price is relative, usually the space and will affect the price, the better the service and the higher the space you rent on the price will be more.

Server
Server that is located both in your country will accessibility easier when the target users more in your country, but if the target users from outside the server selecting ya get outside, but this is not a webhosting provider in the overseas aja server but only this much in encountered in some webhosting service providers in general, they offer 2 types of service that is using a server inside your country and abroad. However, to server in price would be far more expensive because I also still do not understand.

Bandwidth / Traffic
Each access to your website then your traffic will be increased this will affect the bandwidth in a bandwidth capacity at a time when the space out then you will be charged extra, but so far it is still not too significant influence, but if you are a current traffic very high need to pay attention to the capacity provided by the tenant webhosting.

Space
Space to be occupied shall not escape from your attention on the space offered umunya space ranging from 25 Mb up to Unlimited, but also vary the price, the greater the amount of space the higher the price also own that can determine the amount of space that you rent later adjusted to the needs of your own.

Support Team
Ensure that technical support from your hosting provider 1 × 24-hour live support and even the same time, this is to help you experience a problem when one of your website that is related to the goods where you laying your data in the webhosting before, so that does not happen outside of a desire this.

Features
Feature is one of the options that you can use in developing your website credibility from the support server side scriptnya (ASP, PHP, CGI, JAVA etc.) remote access such as Telnet, SSH etc., also for traffic monitoring and logging to see the number of users and activities on your website.

Control Panel
In our management will be provided webhosting control panel to manage the inventory data with our easy, therefore, make sure the control panel for easy use and user friendly that lets you manage the inventory data in your website.


Pengertian Domain dan Hosting, penting sebelum Anda membuat website

Apa itu Domain?
Domain Name (Nama Domain) adalah sebuah nama yang menunjukkan alamat sebuah situs atau bisa berarti “nama sebuah website”. Tidak ada nama domain yang sama, dan tidak akan bisa sama. Contoh nama domain dari website favorite Anda dalam belajar internet marketing ini : www.BelajarInternet-Marketing.com.
Jika ingin memesan dan membeli nama domain, maka Anda dapat memesan dan membeli melalui perusahaan yang disebut Domain Provider. Di perusahaan tersebut Anda dapat membeli nama domain sesuai dengan nama website yang diinginkan, dengan syarat nama domain tersebut belum pernah ada.
Sebaiknya dalam menentukan nama domain, Anda melakukan Market Research terlebih dahulu. Penting, karena nama domain yang mengandung keyword, akan membantu mendatangkan traffic ke website Anda. Gunakan juga nama domain yang mudah diingat. Ingat, mungkin ada banyak situs yang namanya mirip dengan situs Anda. Jadi jika situs Anda lebih mudah diingat daripada situs pesaing, tentu akan membuat situs Anda lebih dikenal dan kemungkinan akan mendapatkan lebih banyak traffic.
Apa itu Hosting?
Hosting adalah tempat atau sebuah alat/server agar website Anda dapat diakses dan dilihat oleh pengguna Internet. Atau dengan kata lain, hosting akan membuat website Anda dapat online, full selama 24 jam. Anda dapat menyewa hosting ini pada perusahaan penyedia layanan sewa hosting ini, disebut juga Web Hosting.
Sebaiknya Anda memilih web hosting yang berkualitas, tidak sekedar murah. Penting agar situs Anda tidak mendapatkan masalah dikemudian hari. Selain itu pastikan web hosting yang Anda pilih memiliki panduan dan team support yang dapat membantu jika ada masalah dalam situs Anda.
Tentang shared hosting
Apa itu hosting?
Istilah untuk jasa penyewaan server Internet untuk keperluan website dan email. Pihak awam atau pemakai umum menyewa jasa hosting kepada penyedia hosting seperti MWN dan mendapatkan account hosting (sejumlah ruang disk, account email, akses shell/FTP, dll) dan dapat mengupload file-file website yang kemudian nanti dapat dilihat oleh pengunjung website. Biasa disebut juga webhosting/web hosting, karena umumnya selalu berkaitan dengan website, walaupun bisa saja ada layanan hosting yang khusus email saja (email hosting), akses telnet/SSH/shell saja (shell hosting), dsb.
Apa itu shared hosting?
Shared hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Keuntungan shared hosting adalah harganya yang murah, namun kerugiannya adalah tingkat privasi dan performa yang tidak sebaik hosting dedicated.
Sementara Dedicated Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah server yang dipakai oleh 1 account (atau 1 website, 1 klien) saja. Keuntungannya adalah performa dan privasi yang lebih baik, karena server tidak dipakai oleh pihak ketiga. Kerugiannya adalah harga yang lebih mahal. Terdiri dari Colocation (di mana mesin disediakan oleh klien sendiri dan ditaruh di data center penyedia hosting) dan Dedicated Server (di mana mesin disediakan oleh pihak penyedia hosting).
Kenapa perlu hosting?
Anda mungkin bertanya, jika semua komputer di Internet sudah saling terkoneksi satu sama lain, kenapa saya tidak bisa menaruh file-file website saya di komputer saya sendiri saja (atau komputer server yang ada di rumah/kantor) lalu membiarkan orang lain melihatnya?
Jawabnya adalah: bisa saja, tapi karena berbagai faktor hal ini tidak optimal baik dari segi performa, stabilitas, maupun ekonomi. Pertama-tama, bandwidth rumahan atau kantoran biasanya berukuran kecil, seperti misalnya dialup yang hanya 56Kbps (dan 33,6Kbps untuk uploadnya). Dan kalaupun besar pun kadang hanya downstreamnya saja dan upstreamnya kecil. Bisa juga koneksi tidak stabil, tidak memiliki alamat IP tetap, dsb. Untuk hosting diperlukan koneksi internet terutama sisi upstreamnya yang cukup besar dan stabil. Kedua, kondisi server yang harus menyala 24 jam di mana dibutuhkan AC/pendingin, sirkulasi udara, listrik, dsb. Ketiga, pengawasan dan maintenance yang juga harus terus-menerus.
Sehingga dari sekian faktor tersebut, lebih efisien jika penempatan server dilakukan di data center, dan maintenancenya diserahkan kepada pihak yang lebih spesialis, seperti pengelola webhosting.
Apa saja yang saya dapat dari hosting?
Dengan berlangganan account hosting pada penyedia hosting, Anda biasanya mendapatkan nama domain, sejumlah ruang disk yang bisa diisi dengan file-file Anda, alamat/account email. Sehingga Anda dapat membuat website dan berinteraksi dengan pengunjung website dan/atau staf Anda menggunakan website dan email.

 

Pengetahuan Dasar Web Hosting


Dalam proses pembuatan website profesional tentu tidak terlepas dari layanan web hosting yang kini banyak tersedia di jagad internet.
Banyak sekali seorang developer atau web programmer yang belum mengetahui banyak tentang web hosting, mulai dari dasar sampai profesional.
Kali ini ciebal coba sedikit share tentang Pengetahuan Dasar Hosting.
Shared hosting
Shared Hosting adalah sebuah layanan hosting yang dipergunakan oleh beberapa pengguna yang lain dan satu hosting ini dipergunakan oleh berbagai macam nama domain yang berbeda.
Dedicated server
Dedicated Server adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi dengan beban tinggi dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau VPS. Server server tersebut bisa disediakan sendiri oleh penyewa atau dipinjamkan dari pemilik lokasi pusat data kepada penyewa.
VPS
VPS adalah Virtual Private Server atau server virtual. Server ini dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi yang dipergunakan. Oleh sebab itu maka didalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan dengan fungsi masing masing.
Colocation
Colocation adalah sebuah tempat yang dipergunakan untuk meletakkan server secara bersama sama di suatu gedung atau ruangan (pusat data). Server server tersebut dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti hosting, penyimpanan data suatu perusahaan, vpn server dan berbagai macam kebutuhan IT perusahaan yang lainnya.
Colocation Server
Colocation Server adalah server yang dititipkan disuatu tempat dimana penyewa tempat tersebut membutuhkan keamanan, kestabilan arus listrik, dan juga kestabilan akses internet. Server tersebut bisa dipergunakan untuk apa saja sesuai dengan kebutuhan dari penyewa tempat tersebut.
DNS
DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.
FTP
FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
Disk Space
Disk space adalah ruang penyimpanan di mana Anda bisa meletakkan semua file.
Bandwidth
Bandwidth dalam hosting, bisa disebut data transfer. Artinya adalah penghitungan saat data dari hosting Anda dan sampai ke client. Satuan perhitungan bandwidth biasanya didasarkan pada Kilobytes.
Park Domain
Park domain adalah suatu fitur untuk meletakkan domain yg di miliki. Selama domain ini dalam keadaan parked, maka domain tersebut tidak bisa digunakan untuk membuat website, membuat email aliassing, dan lain sebagainya. Jadi intinya, domain tersebut hanya menempati rumah.
Add On Domain
Fitur ini memungkinkan kita bisa menambahkan beberapa domain dalam 1 hosting.
Offshore Hosting
Hosting yang boleh menaruh file-file yang melanggar hukum, seperti warez, porn, dll.

 

Tip Memilih Web Hosting

 

Mungkin sebelumnnya perlu kami sampaikan apa yang kami maksud dengan web hosting. Web hosting adalah sebuah server computer yang terhubung dengan jaringan internet yang melayani untuk penempatan file hasil pemrograman untuk web (file web program ) . Dengan demikian file dari hasil pemrograman web tersebut bisa kita akses melalui web browser dimanapun kita berada.

Web hosting ini biasannya ada yang dikomersialkan untuk konsumsi public dan ada yang dipakai secara pribadi. Bahkan belakangan telah muncul beberapa web hosting reseller program yang melayani secara retail. Artinnya para pemilik hosting reseller tersebut tidak mengelola server sendiri, tetapi hanya melayani para pelanggan untuk menempatkan kepada pemilik server hosting. Dengan munculnnya para reseller web hosting ini ternyata berakibat menguntungkan dari sisi pengguna layanan tersebut. Hal ini dikarenakan pengguna bisa membeli space yang tidak begitu besar sesuai dengan kebutuhannya atau eceran(retail). Selain itu dari sisi pemilik server juga tidak perlu repot untuk melayani para pengguna web hosting yang mungkin berjumlah ribuan. Apalagi diantaranya banyak sekali para pemula yang belum mengerti cara menempatkan file pada server (upload) dan untuk mensettingnya. Sehingga semua gangguan pertanyaan ini tentu saja tidak datang langsung kepada pemilik server, tetapi akan langsung menuju ke pemilik web hosting resseler tersebut. Sehingga dari sisi pemilik server akan mengurangi biaya untuk karyawan support.

Berikut ini akan saya sampaikan beberapa tip untuk pemilihan web hosting yang baik:

1) Posisi Server Komputer Web Hosting.
Sebelum anda membeli space web hosting, anda harus tahu posisi dari penempatan computer server tersebut. Yang kami maksud posisi disisni bukan berarti alamat secara lengkap, tetapi yang kami maksud cukup cakupan dari Negara, misalnnya : di Indonesia , di Australia dsb. Untuk mengecek keberadaan dari lokasi server, anda bisa menggunakan fasilitas "Whois" yang tersedia di portal website yang melayani pengecekan tersebut.

Banyak diantara para calon pengguna web hosting terkecoh dengan posisi penjual web resseler hosting yang ada di Indonesia.Diantara mereka beranggapan bahwa jika mereka membeli space web hosting dari orang Indonesia tentu saja server computer mereka juga ada di Indonesia.

Pemilihan posisi server computer ini harus sama dengan posisi calon pengunjung web site!. Misalnnya bila anda menargetkan para pengunjung dari Negara Indonesia, maka anda harus memilih penempatan server computer yang berlokasi di Indonesia pula. Dengan cara ini maka jarak antara posisi pengunjung dan server computer makin dekat, sehingga akan mempercepat akses dari pengunjung ke web site anda.

Selain itu tidak kalah pentingnya adalah hal ini juga berarti IP address dari web site anda akan berada sama dengan posisi server computer tersebut dan para calon pengunjung. Hal ini akan sangat menguntungkan dalam tujuan SEO (search engine optimation). Misalnnya bila ada seseorang membuka search engine raksasa Google dari Indonesia, maka secara otomatis akan menuju google Indonesia (Google.co.id). Dan kemudian apabila ada yang memasukan kata pencarian sebuah keyword pada portal Google tersebut, maka akan mendahulukan pencarian IP address yang ada di Indonesia terlebih dahulu.

Saya pernah menemukan sebuah website yang saya bilang konyol. Yaitu sebuah website yang ditulis dalam bahasa Indonesia, tetapi mempunyai IP address yang berada di USA.Sehingga saya berkeyakinan bahwa website tersebut minim pengunjung, atau extremnnya sama artinnya dengan tidak mempunyai website.

2) Jaringan Internet yang dipergunakan.
Anda harus memilih computer server yang tersambung langsung dengan jaringan Backbone(jaringan utama berupa kabel optic) . Jaringan ini bisa dibilang jalan Tol dari sebuah jaringan internet dari sebuah kawasan.

Anda wajib mempertanyakan hal ini, bila ternyata ada perusahaan hosting kecil yang mengaku mengelola hosting mereka sendiri. Karena kemungkinan besar mereka tidak tersambung langsung ke jaringan backbone.

3) Operating System yang dipergunakan.
Sebaiknnya pilihlah Server yang mempergunakan operating system LINUK. Karena operating system ini ternyata lebih handal untuk melawan serangan virus. Selain itu beberapa fasilitas yang dipunyai Operating system LINUK ini tidak dimiliki pesaingnnya yaitu Window. Misalnnya pada operating system LINUK kita bisa mempergunakan fasilitas "cronjob" yang tidak dimiliki oleh operating system lainnya.Dengan fasilitas "cronjob" ini kita bisa membuat autorunning sebuah program secara terjadwal. Misalnnya kita ingin mengirim sebuah email yang berisi sebuah artikel kepada seluruh pelanggan pada jam 03.00 pagi secara otomatis tiap hari.Maka hal ini berarti website kita masih bekerja, sementara kita masih tidur.

4) Fasilitas penunjang server.
Pilihlah server yang memiliki downtime paling rendah. Tetu saja anda akan tidak tahu data dari reputasi server penyedia public hosting yang anda maksud sebelum anda sendiri mempunyai pengalaman dengan penyedia web hosting tersebut. Untuk itu anda bisa minta rekomendasi dari teman anda yang anda percaya.

Namun jika anda tidak mau repot, anda bisa menanyakan fasilitas penunjang server kepada penyedia jasa web hosting tersebut. Misalnnya apakah server yang dimiliki ditunjang oleh fasilitas battery dan genset, ataukah ruangan server bebas banjir, ataukah server mempunyai back up, dsb.

5) Kualitas layanan support yang baik.
Anda kami sarankan tidak harus membeli space web hosting langsung kepada pemilik server. Karena bila anda harus membeli langsung ke penyedia server terkadang pelayanan dari pemilik server yang mempunyai customer sangat banyak, akan menurunkan kualitas layanan support mereka. Dan bahkan jenis layanan support mereka terkadang tidak gratis atau berbayar. Misalannya mereka menawarkan untuk ongkos setting dsb.

Dengan memilih penyedia jasa hosting resseller , terkadang mereka mengerti kita secara pribadi. Dan bahkan menawarkan bantuan secara gratis. Dan yang saya tahu, harga mereka terkadang sama saja dan bahkan bisa lebih murah. Dan tak kalah pentingnnya adalah kejujuran mereka dalam melakukan bisnis. Misalnnya mereka bahkan masih mau membantu kita waktu kita akan memindahkan hosting kita, dsb.

6) Pilihlah program application yang sesuai kebutuhan anda.

Anda harus melakukan pengecekan apakah program application yang tersedia dalam computer server sesuai dengan kebutuhan anda.Misalnnya bila anda memakai pemrograman PHP, ASP, Delphi, SQL dsb, anda harus pastikan bahwa server hosting yang anda maksud telah terinstall program tsb.

Selain itu tidak kalah pentingnnya anda juga harus periksa bahwa program application tersebut mempunyai versi yang terakhir (up to date).

7) Pilihlah space sesuai dengan kebutuhan anda.
Yang kami maksud space disini adalah Storage capacity (disk space) dan Transfer capacity (bandwidth). Untuk pemula , anda kami sarankan mempergunakan sekurang-kurangya storage capacity 100 MB dan bandwith 1 GB. Dan jika ternyata di kemudian hari pengunjung web anda ternyata banyak sekali, sehingga pemakaian untuk data base dan jumlah bandwith yang terpakai meningkat. Maka anda masih bisa mengupgrade space tersebut ditengah jalan di kemudian hari dengan menambahkan beberapa biaya.

8) Pilihlah harga yang murah.
Sengaja urusan uang ini saya tempatkan pada urutan paling bawah. Hal ini kami maksudkan bahwa anda harus memilih item diatas secara benar, baru melihat harga. Karena bila masalah teknis tidak terpenuhi apa gunannya kita harus mengeluarkan biaya.

Anda harus membandingkan aple to aple. Artinnya bila semua item di atas sama-sama semua terpenuhi, anda tinggal memilih harga yang paling murah.

Harga space hosting sekarang makin murah, bahkan lebih murah dari harga registrasi domainnya sendiri. Hal ini akibat dari makin tersediannya dan murahnnya hardware yang berkapasitas besar pula.

Membeli web domain


Bagaikan rumah yang sudah dikunci dan memiliki pagar sebagai pelindung, masih adanya peluang untuk pencuri. Begitupula dengan sistem keamanan server untuk web hosting, yang rentan dengan para penyusup maupun pembobol jaringan website. Tidaklah mengherankan jika perusahaan web hosting melengkapi servernya dengan berbagai fasilitas keamanan untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap konsumen / website seo / webmaster untuk menyimpan data vital mereka layaknya harta benda dalam rumah yang patut mendapatkan perlindungan kusus. Selain dari hal tersebut fasilitas pengelolaan domain, database, support layak diperhatikan.
Mengangkat masalah tersebut saya mencoba memberikan beberapa tips bagaimana memilih jasa layanan website yang lebih baik dan aman. Pastikan sebelum anda memutuskan membeli bikin website murah sebagai tempat penyimpanan database website anda agar tidak kecewa di kemudian hari.
1. Pastikan apakah bikin website atau webserver tersebut sudah dilengkapi dengan secure socket layer (ssl). Ini dapat dilihat dari https:// yang digunakan. Jika tanpa https:// halaman web server tersebut tidaklah secure. Dan dapat juga dicoba demo dari control panel mereka. Bila perlu tanyakan juga apakah webhosting tersebut memberikan fasilitas shared ssl,ini baik untuk membangun web design dengan fasilitas pembayaran online ( dengan shared ssl kita tidak perlu lagi membeli license ssl dan membeli ip address baru )
2. Pastikan pengelolaan domain pada bikin website murah anda ada pada server web hosting anda. Dimana anda bisa bebas untuk mengedit informasi untuk who is, dns, code transfer dan lain sebagainya. Jika ini tidak ada akan menyulitkan anda di kemudian hari jika bermaksud untuk pindah hosting.
3. Ticket support suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian kusus dalam memilih layanan webhosting. Belakangan ini banyak jasa layanan webhosting menggunakan “forum” sebagai customer suppor website seo mereka. Ini tidak sebaik dari “support ticket” yang biasanya ada pada web hosting tersebut. Terkadang online chat pun tidak sebaik ticket support dimana kita sering dijengkelkan dengan operator live chat yang ujung-ujungnya di lepar lagi pada yang berkaitan bahkan kita diminta lagi untuk mengirim email permasalahannya, ini tidak efisen.
4. Pastikan pada file menager saat bikin website, apakah anda diberikan access untuk cmod file/folder. Banyak webhosting yang tidak memberikan access ini, dimana harus menghubungi jasa bikin website dahulu untuk melakukan cmod, ini tidak efisien. Begitupun pada root folder apakah anda diberikan hak untuk melakukan pengelolaan file “php.ini” dan tidak lupa pula apakah web hosting tersebut dilengkapi dengan .htaccess generator.
5. Terakhir baca baik-baik halaman peraturannya (term & condition serta privacy) dari perusahaan tersebut.